Senin, 25 Juni 2018

Metamorfosis Sebuah Nama

Woaahh! Udah lama nih gue nggak nulis blog. Terakhir gue bikin blog tentang sekolah SMA gue. Sekarang, gue mau nulis lagi nih. Tapi tentang nama gue. Gue paham sih, nama asli itu kan sebuah identitas dan sifatnya privasi banget, tapi di sini gue cuma mau berbagi cerita aja. Siapa tau kalian juga mengalami hal ini. Punya nama banyak dan berubah-ubah kek telor-telor, ulat bulu, kepompong, kupu-kupu, kasihan deh loh!

Sorry, salah fokus bosseu.

Begini nih metamorfosis nama gue.
Jadi, nama gue itu Verina Intan Lusiana. Bagus nggak? Bagus dong! Yakali nggak bagus. Jarang ada yang punya tuh. Awalnya, gue sama sekali nggak kepikiran kalo nama itu memiliki arti yang cukup dalem.

Halah.

Tapi serius nih, selama 20 tahun gue hidup, gue baru tau arti nama gue waktu umur gue 18 tahun. Gileeee ye?

Nggak sih, B aja.

Emang sih tiap nama pasti punya arti. Tapi gue bener-bener nggak nyangka aja kalo ternyata nama gue punya arti seberat itu cuy. Ralat. Nggak berat sih, soalnya bukan rindu.

Jadi, Verina itu berasal dari bahasa Jerman yang artinya kebenaran, Intan berarti permata, dan Lusiana berarti cahaya keluarga. How? Untuk bagian Lusiana, gue sendiri sih nggak nyangka. Tinggal gabungin aja deh itu nama biar tau maknanya apa. Jangan manja, biar nggak bergantung sama orang lain kalo ditinggal. Apalagi, sama orang tersayang. Skip.

Di sekolah, waktu kelas 1-2 SD, gue dipanggil Mila. Kenapa? Nanti gue bahas di akhir yee.

Pas kelas 3 sampai lulus, gue memperkenalkan diri gue dengan nama Verina. Jadi, ketika gue naik ke kelas 3, gue itu pindah sekolah. Itu sebabnya gue merubah nama panggillan gue sendiri. Toh Verina kan nama asli gue. Meskipun gue mendedikasikan nama gue Verina, tapi beberapa temen-temen gue ada yang manggil gue dengan panggilan Intan. Ada pula yang Lusi. Gue sampe bingung kalo mereka manggil gue dengan sebutan itu karena yang gue pikirin tuh mereka manggil gue apa bukan sih? Mau nengok atau nyautin, tapi takut bukan gue. Kan malu anjir. Tapi kalo nggak nengok ntar disangka gue budek. yaallah hayati jadi serba salah kayak Raisa.

Lain di sekolah SD, lain juga di SMP. Gue tetep menggunakan nama Verina sebagai nama panggilan gue, tapi masih aja ada yang manggil gue dengan nama Intan. Alasannya cukup singkat, karena Intan merupakan bagian dari nama gue. Oke. Alasan di terima.

Dulu ketika gue SMP, lagi jaman banget tuh manggil temen sekelas pake nama bokap. Sumpah, nama bokap temen-temen gue ada yang nista-able kalo kata anak jaman now mah. Pas gue SMP juga nih, gue nggak mau pake nama Lusiana di mana pun, kecuali ujian. Kenapa? Karena selain Intan, Lusiana juga jadi panggilan gue dari anak-anak dan parahnya mereka “ngeplesetin” nama gue. Lusi—alan. Kesel nggak sih? Dulu sih gue kesel banget. Gue lebih milih dipanggil pake nama bokap deh daripada Lusialan. Emangnya gue sesialan itu apa ya? Ya, meskipun gue tau mereka bercanda, tapi tetep aja gue nggak terima anjir. Sejak itulah gue selalu nulis nama gue (kalo bukan hal penting) Verina Intan aja. Bahkan, di semua akun media sosial gue.

Ketika gue menginjakkan kaki di SMA, nama gue mulai berubah. Panggilan gue bukan lagi Verina, Intan, atau Lusi. Makin banyak aje kan tuh nama gue.

Setiap berkenalan dengan siapa pun, gue selalu memperkenalkan diri dengan nama Verina. Tetap dan nggak berubah. Awalnya sih sesuai harapanlah. Nama gue mulus-mulus aja, tapi pas gue punya chairmate yang udah deket banget, nama gue mulai berubah.

Sebut aja dia Pep. Dia chairmate gue dari awal MOS sampe kelar kelas 10. Iya, Cuma setaun karena pas gue kelas 11, gue masuk IPS, sedangkan Pep masuk IPA. Bego? Kagaklah. Gue nggak bego, cuma nggak pinter aja gue di mata pelajaran alay. Pusing gue kalo liat huruf campur angka.

Jadi, si Pep ini tuh dulu gemes banget sama gue, seinget gue ya. Tapi gue emang gemesin sih. Gue dulu orangnya pendiem banget. Maklum, sekolah hasil paksaan, jadi gue rada males gitu buat berbaur. Tapi, sekalinya gue berbaur dan deket, gue bisa jadi orang yang bacot-able banget. Begitupun kalo lagi sama Pep. Gue nggak tau atas dasar apa dia mencetuskan nama panggilan gue. Pokoknya yang gue inget ya karena dia gemes sama gue.

Mau tau dia ngerubah nama gue jadi apa? Orang-orang biasanya kalo nyebut V itu jadi P dan kalo R jadi L. Nah, kalo Pep ini tuh beda. Dia ngerubah nama gue jadi Peyina. R sama L kan jauh banget ye ke Y. Pusing dah gue jadinya. Selama gue kelas 10, Pep selalu manggil gue dengan nama Peyina. Bahkan, nggak jarang dia manggil gue jadi Peyin. A-nya di buang ke mana tau dah. Tapi anehnya, gue suka dengan sebutan itu. Peyin. Kedengerannya sih lucu. Yaudah, sejak itu gue ganti display name gue jadi Peyin di semua akun media social yang gue punya.

Nggak sampe situ aja cuy. Semenjak Pep mendeklarasikan nama Peyin, nama itu selalu berkibar hingga sekarang. Ya, walaupun masih ada yang manggil nama gue dengan Verina sih, tapi Cuma segelintir orang doang. But, its okay its love.

Lain di SMA, lain juga di dunia perkuliahan. Iya, gue lebih milih kuliah dibanding kerja. Bukan karena orangtua gue banyak duit, bukan. Tapi karena gue ngerasa otak gue masih cukup kuat difungsikan untuk belajar. Anjay!

Saat gue udah masuk dunia perkuliahan, gue tetap memperkenalkan diri dengan nama Verina. Verina Intan, lebih tepatnya. Lusiana-nya gue buang. Udah gue bilang kan gue nggak suka pake nama itu kalo bukan hal penting? Iya sekesel itu dampaknya ke gue.
Tapi nih, pas gue kenalan, ada yang bilang gini ke gue, “Panggil Verin aja, Verina kepanjangan.”

Asli, gue lupa siapa yang bilang, tapi setelah gue pikir-pikir, bener juga ya. Nama gue boros banget dah. Kalo UN aja itu kotak namanya ke isi semua nggak bersisa. Dan sejak itulah, nama gue berubah jadi Verin. Di setiap perkenalan, gue selalu bilang nama gue Verin. Walaupun di sosial media nama Pey atau Peyin masih bertengger.
Ohiya, di awal gue bilang nama gue waktu kelas 1-2 SD itu Mila kan? Nah, kuy kita bahas.

Kenapa Mila? Kan jauh banget tuh ya dari Verina Intan Lusiana ke Mila? Lagi pula, nggak ada kata Mila-nya di nama asli gue.

Jadi gini wahai para netizen dan readers yang budiman…

Waktu gue berojol dari perut emak, om gue ngasih nama Verina. Intan dan Lusiana-nya gue nggak tau dah. Emak gue cuma cerita begitu doang. Nah, kakek gue rada nggak terima gitu lah, emang bagus nama Verina, tapi menurut doi, Verina itu kepanjangan. Yaudah, akhirnya dia bikin nama sendiri khusus buat gue, yaitu Mila Karmila. Di nama panjang Mila ini, mengandung nama emak gue. Cuma dibedain beberapa huruf aja sih. Karena dulu orangtua gue tinggalnya deket sama rumah kakek, jadi gue biasa dipanggil Mila. Saudara, tetangga, temen main, temen sekolah TK-SD, manggilnya Mila. Malah ada beberapa saudara gue yang nggak tau kalo nama gue itu sebenernya Verina.

Pernah gue nge-add BBM saudara gue, dia nanya, kok namanya Verina? Ya gue jawablah, nama gue emang Verina Cuma di keluarga dipanggilnya Mila. Untung itu saudara gue nggak banyak bacot ye. Jadi, pas gue jelasin kek gitu, dia iya-iya doang.
Nggak Cuma disitu, kelas 3 SD gue pindah rumah dan gue punya temen di tempat gue yang baru ini. Kejadiannya sih pas gue SMA. Waktu itu, ada temen sekolah gue dateng ke rumah. Secara otomatis, doi manggil nama gue dengan pangilan Verina. Terus, tetangga gue nanya, kok di panggilnya Verina bukan Mila?

Asli, gue udah 5L, lelah letih lesu lunglai lemah, ngejawab pertanyaan itu. Temen kuliah gue pun, ada yang nanya dengan pertanyaan yang sama. Bahkan, terkadang mereka suka iseng manggil gue dengan panggilan Mila. Padahal, gue lebih nyaman dipanggil Verina/Verina atau Pey/Peyin.

Untuk sekarang, nama Verina/Verin atau Peyin/Pey udah melekat banget dalem diri gue nih guys. Tolong jangan nambahin nama gue karena udah banyak banget. Mulai dari Mila, Verina, Intan, Lusi, Lusialan, Peyin, Pey, dan Verin. Tapi kalo boleh jujur, gue lebih suka dipanggil Verin atau Pey. Singkat, padat, dan jelas.

By the way anyway busway, ada yang bernasip sama kek nama gue? Kalo ada, ceritain dong! Ohya, gue punya satu fakta unik tentang gue nih—iya gue tau, nggak penting—yaitu gue punya sepupu kembar. Sepupu, tapi kembar, kok bisa? Bisalah. Gue buktinya. Satu darah dari Kakek dan Nenek, tapi beda orangtua. Lahirnya di bulan dan tahun yang sama, cuma beda jam. Gimana-gimana? Nanti gue ceritain di lain waktu biar blog gue nggak berdebuuuuuu kayak Rumor.

1 komentar:

  1. Saya mencium aroma aroma chairmate saya disini. Tapi saya belum mencium aroma soulmate saya *ealaaaapasih

    BalasHapus