Selasa, 11 Agustus 2015

ini masa SMA ku, mana masa SMA mu?





“Tidak peduli seberapa bencinya kalian terhadap sekolah, kalian pasti akan merindukannya ketika sudah lulus.”


Pernah denger quotes itu? Gue gak tau sih siapa yang mencetuskan quotes itu. Tapi yang pasti itu quotes bener banget! Gue ngerasain banget sekarang. Dulu, gue ngerasa apa sih SMA? Apa sih sekolah? Ngebosenin, ngebetein, monoton, gitu-gitu aja. Tapi setelah gue lulus, gue malah ngerasa pengen balik lagi ke sekolah.
Manusia emang suka gitu sih. Giliran libur kepengen masuk sekolah. Giliran masuk sekolah, kepengen libur. Sama kaya sekarang. Sekarang gue udah lulus malah kepengen balik lagi sekolah, padahal dulu sebelum lulus gue pengen cepet-cepet lulus.

Disini, gue lebih ngerasa kangen ke suasana kelasnya sama orang yang terlibat di dalamnya sih. Kalo sekolah....................
Emm....... sedikit. Tapi jujur aja, gue gak kangen pelajarannya tuh hehehehehe....
Suasana kelas gue itu dulu bisa dibilang nyebelin bangetlah. Gimana gak nyebelin, banyak banget perbedaan pendapat diantara ‘kubu’ yang satu sama ‘kubu’ yang lain, termasuk ‘kubu’ gue.
Bentar.. di kelas gue sebenernya gak ada kubu-kubuan sih, itu Cuma supaya kalian lebih paham aja. Soalnya susah banget dijelasin gimana tipe pertemanan di kelas gue meskipun kadang kita suka main bareng dan kerja sama bareng.

Kelas gue itu namanya Zoenty. Gue lupa kepanjangannya itu apa. Yang pasti itu maksudnya Sosial Satu. Jujur aja, kelas gue tuh ya kurang kompak, banyak adu mulutnya, egois, ya pokoknya tiada hari tanpa berantem –adu mulut-. Tapi kelas gue itu juga kocak dan lucu, ada aja yang bikin kita ketawa sampe ngakak meskipun itu hal sepele, solidaritasnya juga lumayan tinggilah. Itu semua yang bikin gue jadi kangen masa-masa sekolah SMA.

Pernah suatu ketika temen gue si Ujang ngambil pulpen temen gue. Terus dia ditanya sama yang punya pulpen.

Temen gue: “Jang lu ngambil pulpen gue ya? Mana sini?”
Ujang: “aduuuullll, yaelaaaahhh.” (Dengan wajah yang asli bikin ngakak. Polos-polos amatir.)

Begitu si Ujang ngomong “adul” yang artiya itu “ada” gue dan temen gue seketika ngakak. Emang sepele sih, gak ada yang lucu, tapi justru itu yang gue kangenin dari sosok Ujang. Si Ujang juga sering tidur di kelas pas pelajaran berlangsung. Bukannya kita ngebangunin dia supaya gak di tegur guru, kita malah ketawain dia sampe guru negur dia dengan sendirinya. Pernah juga dia tidur sampe jam pulang sekolah. Sampe akhirnya dia ditinggalin sendirian di dalem kelas terus pintu kelas ditutup. Pas dia bangun kelas udah sepi. Itu bikin ngakak banget liat mukanya yang bingung-bingung ajaib.

Ada juga temen gue si Yus sama Beno. Dia berdua suka berantem sama temen gue juga –cewek- namanya Fatma. Kalo mereka lagi berantem kaya gitu, ada aja kelakuan mereka yang bisa bikin ngakak. Entah si Yus yang ngeledekin Fatma lalu berakhir dengan Beno yang menjadi incarannya sekaligus  yang pura-pura gak tau apa-apa. Begitu juga sebaliknya. Intinya sih tetep Fatma yang jadi korban. Kita sebagai penonton Cuma ketawa-ketiwi aja sampe gigi kering.
Ohiya, Yus sama Beno termasuk siswa yang aktiv kalo ada pertanyaan gitu deh. Pernah pas pelajaran ekonomi-akuntansi guru gue nanya hasil ballance-nya. Dan si Yus yang jawab. Dia gece –gerak cepet- banget lah. Begitu dia nyeletuk hasil yang dia dapet, guru gue malah bilang “Yee diitung dulu yang bener.” Lalu si Yus diem kicep. Gak lama guru gue nyebutin hasil yang sama persis dengan hasil si Yus. Dengan kesal si Yus bilang “Kan saya tadi udah bilang bu.” Seketika kelas jadi ngakak guling-guling.
Begitu juga si Beno, dia juga cukup aktiv. Tapi gue lupa tentang dia. Maafin yaa gue Ben *sungkeman*

Ya emang gak ada yang lucu sih yang gue ceritain. Tapi itu bagian yang menurut gue bakal di kangenin. Karna gak semua kelas ada ‘adegan’ kaya gitu. Apa lagi kalo pelajaran Bahasa Indonesia yang kebetulan lagi ngebahas soal. Soal dibagikan secara acak, biar kita gak tau punya kita ada di siapa dan di mana. Tapi tetep aja pada akhirnya kita tau punya kita di siapa dan di mana. Begitu kita tau, langsung deh kita bilang “Eh kalo ditanya jawaban siapa yang beda, jangan dijawab.” Gue juga sering bilang gitu ke temen gue yang ngebahas soal punya gue. Fyi aja, guru bahasa gue kalo lagi bahas soal selalu nanya alesannya kenapa kita jawab a,b, c, d, atau e. Sumpah itu bikin males bangetkan, kudu muter dulu otak biar dapet alesannya.

Kebetulan temen sebangku gue si Navya soal punya dia dibahas sama Beno. Dengan wajah penuh kemenangan, Beno selalu bilang kalo jawaban Navya berbeda dari yang lain. Alhasil, Navya selalu kena imbas akibat ulah Beno. Dia harus menjelaskan mengapa dia memilih jawab itu –yang berbeda dari yang jawaban yang benar-. Selang beberapa hari, Navya ‘balas dendam’ ke Beno.

Tadi gue bilang solidaritas kelas gue itu lumayan tinggi kan? Nah emang iya sih tinggi. Saking tingginya tugas dan PR aja selalu dikerjain di kelas, rame-rame. Cara ngerjainnya cukup gampang. Temen gue si Ara dia itu rajin banget anaknya. Meskipun dia suka banyak ikut acara paskib, tapi yang namanya tugas tetep dikerjain, yang namanya PR tetep di selesaiin di rumah. Lah gue boro-boro ngerjain tugas dan PR, buka buku aja jarang. Kecuali kalo mau ulangan doang.
Lanjut lagi, jadi hampir tiap hari Ara suka bawa PR yang udah di kerjain. Dengan  alih-alih “Ra udah ngerjain PR belum? Gue lupa nih.” Maka, di kasih lah buku PR-nya dia buat di salin sama kita semua. Bahagia banget idup kalo begitu kan hahaha.

Si Ara juga gak Cuma PR dan tugas aja yang disalin. Tapi ketika ulangan, dia pun sering jadi sorotan anak-anak buat ditanyain. “Ra, nomor ini apaan?” “Ra, nomor ini lu jawabannya apaan?” “Ra, lu nomor ini udah apa belum? Gue belum nih.” ‘Ra, bagi dong yang lu udah isi.” Btw, ini ngomongnya pake bahasa kalbu jadi gak kedengeran sama guru atau pengawas.

Gue disekolah mainnya sih sama siapa aja, siapa aja yang mau main sama gue ayo aja dan gue juga gak pilih-pilih. Gue juga cukup dekat sama si Ara. Tapi gue lebih sering main berlima sama Juliana, Nurul, Syifa, dan Navya. Ohiya kadang ditambah satu lagi si Safitri. Itu aja sih yang paling sering main bareng gue. Tapi lebih dipersempit lagi, gue lebih deket sama Nurul dan Syifa. Gue duduk sama Navya, tapi kedekatan gue sama dia agak kurang sedikit. Di kelas, gue sering banget foto-foto bareng Nurul dan Sifa. Kalo udah foto-foto gak cukup 10-15 foto. Pokoknya gak bisa ke itunglah jumlah fotonya. Ada guru gak ada guru selagi gurunya gak ngamuk pas kita lagi foto-foto ya gak perduli hahaha. Sumpah ini jangan dicontoh banget.
Belum lagi kalo jam kosong. Supeeerrrr gabut paraahhh (bahasa anak gaul jaman sekarang). Biasanya diisi dengan main permainan sambung kata dan 396. Yang kalah mukanya dicoret pake bedak. Namanya juga lagi main permainan, pasti berisik kan? Nah pas lagi berisik-berisiknya, biasanya Beno suka nyeletuk “Eh berisik amat sih lu. Gue pindahin lu ke sos 6!”. Laaahhhh angkatan gue aja Cuma ada sos 1 sampe 4, dia bilang mau pindahin ke sos 6 sumpah jauh banget. Sos 5 aja kaga ada ini lagi sos 6 -__-. Lalu kita semua ngakak dengan selantang-lantangnya dengan sengaja. Btw, gue yang paling sering digituin sama Beno. Soalnya gue kalo ngomong -apalagi ketawa- gak bisa pelan.

Yang gak bisa dilupain dari kita berlima, bahkan berenam –bahkan hampir semua cewek di kelas gue- pas kita lagi makan bekal masing-masing. Hampir setiap hari kita ngelakuin ‘tradisi’ itu. Gue jarang banget jajan di kantin sekolah, selain irit duit jajan, gue juga males ke kantin buat desek-desekan demi suap nasi. Halah sesuap nasi -__-. Gue suka kenyang duluan –padahal belum makan apapun- ketika gue masuk ke kantin gara-gara ngeliat para siswa ngantri sampe berjubel gitu.

Setiap upacara, gue dan dua orang temen gue, bisa dibilang sahabat karib gue si Nurul dan Syifa, selalu gak pernah kebagian barisan. Gue dan sahabat gue itu emang gak suka baris di depan. Jadi kita bertiga selalu ambil barisan belakang yang akhirnya malah bikin kita kegusur karna gak muat dan malah terdampar di barisan kelasan adik kelas, entah itu kelas 11 atau kelas 10. Yah buat Nurul dan Syifa sih gak masalah kalo baris dikelasan adik kelas. Lah gue? Gue sering banget dibilang cocok baris dibarisan adik kelas gara-gara tinggi gue yang sama bahkan lebih pendek dari adik kelas. Kampayyy bangetlah emang temen gue yang suka bilang begitu -______-.

Itu pas upacara ya, lain lagi pas ganti baju olah raga di tempat ganti baju. Gue selalu dapet giliran terakhir soalnya tempat gantinya itu sempit jadi gak bisa banyak-banyak orang yang masuk. Didorong sebuah ke-bete-an, gue suka ngumpetin sepatu temen-temen gue yang lagi sibuk ganti baju. Karna aksi jail gue itulah yang bikin gue gak dipercaya lagi kalo ada sepatu yang ilang, padahal gue gak ngumpetin, mereka semua selalu ngira gue yang ngumpetin. Nasip banget lah gue -_-. Tapi meskipun begitu, gue gak pernah ambil pusing sih. Toh mereka ‘nuduh’ guenya juga gak serius.


Gue bilang kelas gue sedikit kompak kan? Nah puncak paling kompak nih, pas kita UN. Gue berangkat lebih awal dari biasanya. Gak Cuma gue doang, tapi emang semua anak kelasan gue. Ketika hari penuh ujian bikin otak mengkerut –UN- berakhir, kita semua ngumpul di rumah Ijul. Fyi aja, kita ngumpul buat ngerayain kelarnya UN. Kalian tau lah apa yang dimaksud ‘ngerayain’ itu. Yap! Corat-coret baju. Entah dari mana dan dari siapa corat-coret baju itu tercetus, yang gue tau corat-coret itu udah tradisi setiap tahunnya setiap UN berakhir. Alay? Iya emang. Tapi dibalik alaynya corat-coret baju, terselip keasikan dan keseruannya tersendiri. Termasuk kekompakan yang gue dapet dari mulai UAS –ujian akhir sekolah, UN, dan coret-coret baju itu.

Kekompakan di kelas gue itu bisa diitung pake jari. Tapi setelah gue pikir-pikir, justru kekompakan yang sedikit itu bisa dijadikan kenangan indah dibalik semua keegoisan yang ada di kelas gue. Gue rindu banget susana kelas yang kaya gitu. Kangen adu mulut sama kubu lain, kangen kocaknya, lucunya, ngakaknya, susah diaturnya itu kelas, dan kangen part-part kompaknya Zoenty. Terlebih kangen ngibarin bendera Zoenty. Haaalaahhh bendera-“. Yaa intinya gue senang bisa gabung di Zoenty, punya temen kaya mereka semua, dan gue bangga punya sahabat kaya Juliana, Safitri, Ara, dan Navya. Terlebih gue ngerasa beruntung karna punya sahabat kaya Nurul sama Syifa yang gak pernah lelah dan ngeluh dengerin curhatan-curhatan gue dan cerita-cerita gue yang amat sangat gak penting.

Gue sedih banget pisah sama mereka. Gue ngerasa, baru kemaren kita semua dipertemukan dan sekatang udah harus pisah. Nurul dan Syifa, mereka memilih melanjutkan di universitas yang sama dan jurusan yang sama pula. Juliana memilih menjadi polisi wanita -yang sekarang lagi pendidikan-. Ara, melanjutkan ke universitas negeri di jakarta dengan jerih payahnya yang gak pernah berhenti buat belajar. Safitri, melanjutkan ke universitas swasta di Depok. Dan Navya, yang gue gak tau dia milih ngelanjutin kemana. Gue sendiri ngelanjutin ke Politeknik negeri di Jakarta Selatan.

Ohiya, gue punya sahabat satu lagi nih. Beda kelas. Dia sosial 4 dan dia itu cowok. Hanya saja dia mainnya bareng kita –berenam-. Sebut saja dia Awan. Dia orangnya tuh paling demen ngecengin orang, apalagi gue yang jomblo. Padahal dia sendiri jomblo. Malah dia bertepuk sebelah tangan. Lebih sakit sih dibanding jomblo. Awan melanjutkan ke universitas di Depok sama kaya Safitri.

Harapan gue, semoga kami bisa mencapai impian kami masing-masing, lalu berkumpul membawa cerita baru ketika kami sudah mencapai kesuksesa itu. Buat juliana, semoga betah sama pendidikan polisinya. Semoga bisa membimbing dan mengayomi masyakarat dengan lebih baik. Kalo gue kena tilang, gue tinggal nyebut nama Juliana aja nih kayanya hahaha =)
Buat Nurul dan Syifa, gue bangga dan bahagia benget punya kalian berdua. Terima kasih buat semuanya. Love much banget buat kalian semua dan buat Nurul juga Syifa, you are the best, you are my lovely friends. *kecup atu-atu*



#ini semua cerita real berdasarkan apa yang gue alamin. Dan nama-nama diatas itu memakai nama samaran. Bukan karna gue gak mau mempublikasikan temen-temen dan sahabat-sahabat gue, tapi lebih ke privasi aja. Terima kasih yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca kisah SMA gue. *tebar bunga kamboja*

Ini masa SMA ku, mana masa SMA mu?
 

1 komentar:

  1. Baper banget baca postingan yang ini, jadi inget smk banget gue :')

    Dijamin sih, yg baca ini juga pasti bakalan flashback masa-masa sekolah dulu :D

    BalasHapus